Minggu, 02 Agustus 2015

Jurnal " Model Pembelajaran Cerdas"



MODEL PEMBELAJARAN “CERDAS” UNTUK  MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR  MATEMATIKA  SISWA


SUNARWAN
GURU SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG

Kata Kunci : Model pembelajaran “CERDAS”

Rendahnya  prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika  dan ketidak-efektifan dalam kegiatan pembelajaran  antara lain disebabkan kekurang tepatan guru memilih dan menentukan startegi pembelajaran yang tepat. Salah satu  solusi untuk mengatasi hal tersebut digunakan model pembelajaran “CERDAS”.

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui   efektifitas pembelajaran dalam meningkatkan  pretasi belajar  matematika , khususnya materi Kesebangunan dan kongruensi  dengan menggunakan model pembelajaran”CERDAS”

Penelitian dilakukan  dengan pendekatan  penelitian tindakan kelas. Peneltian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan  perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.

Penelitian dilakukan  di SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun pelajaran 2008-2009 kelas IX E. Jumlah siswa dalam kelas tersebut terdiri atas 12 laki-laki dan 28 perempuan .


Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  model pembelajaran “CERDAS” mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa khususnya materi kesebangunan dan kongruensi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar