STRATEGI PEMBELAJARAN “MAS
MARKUS ” UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
(ABSTRAK)
SUNARWAN
Kata Kunci : Strategi pembelajaran “MAS MARKUS”
Rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
matematika dan ketidak-efektifan dalam
kegiatan pembelajaran antara lain
disebabkan kekurang tepatan guru memilih bahan ajar, kurangnya bimbingan dan
motivasi secara individual bagi siswa, rendahnya kemandirian siswa dalam
belajar, ketidak maksimalan memberda-yakan siswa yang berkemampuan tinggi ,
kurang kesempatan siswa berekspresi . Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut digunakan strategi
pembelajaran “MAS MARKUS”.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dalam mening-katkan pretasi belajar matematika , khususnya materi Lingkaran dengan menggunakan strategi pembelajaran“MAS
MARKUS”. Penelitian dilakukan dengan
pendekatan penelitian tindakan kelas.
Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi,penilaian
dan refleksi.
Penelitian
dilakukan di SMP Negeri 1 Bandar Lampung
tahun pelajaran 2009-2010 kelas VIII. 1. Jumlah siswa dalam kelas tersebut terdiri
atas 8 laki-laki dan 16 perempuan .
Hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran “MAS MARKUS” mampu
meningkatkanefektivitas dan prestasi
belajar matematika siswa khususnya materi lingkaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar