Minggu, 02 Agustus 2015

PTK Strategi Pembelajaran MAS MARKUS



STRATEGI  PEMBELAJARAN “MAS MARKUS ” UNTUK  MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR  MATEMATIKA  SISWA


(ABSTRAK)
SUNARWAN

Kata Kunci : Strategi  pembelajaran “MAS MARKUS”


Rendahnya  prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika  dan ketidak-efektifan dalam kegiatan pembelajaran  antara lain disebabkan kekurang tepatan guru memilih bahan ajar, kurangnya bimbingan dan motivasi secara individual bagi siswa, rendahnya kemandirian siswa dalam belajar, ketidak maksimalan memberda-yakan siswa yang berkemampuan tinggi , kurang kesempatan siswa berekspresi . Salah satu  solusi untuk mengatasi hal tersebut digunakan strategi pembelajaran “MAS MARKUS”.
Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui   efektifitas pembelajaran dalam mening-katkan  pretasi belajar  matematika , khususnya materi Lingkaran  dengan menggunakan strategi pembelajaran“MAS MARKUS”.  Penelitian dilakukan  dengan pendekatan  penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan  perencanaan, pelaksanaan, observasi,penilaian  dan refleksi.
Penelitian dilakukan  di SMP Negeri 1 Bandar Lampung tahun pelajaran 2009-2010 kelas VIII. 1.   Jumlah siswa dalam kelas tersebut terdiri atas 8 laki-laki dan 16  perempuan .

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  strategi pembelajaran “MAS MARKUS” mampu meningkatkanefektivitas dan  prestasi belajar matematika siswa khususnya materi lingkaran.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar