STRATEGI PEMBELAJARAN “CERDAS” UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA
SUNARWAN
GURU SMP NEGERI
22 BANDAR LAMPUNG
Kata Kunci : Strategi pembelajaran “CERDAS”
Rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran
matematika dan ketidak-efektifan dalam
kegiatan pembelajaran antara lain
disebabkan kekurang tepatan guru memilih dan menentukan startegi pembelajaran
yang tepat. Salah satu solusi untuk
mengatasi hal tersebut digunakan model pembelajaran “CERDAS”.
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dalam
meningkatkan pretasi belajar matematika , khususnya materi Kesebangunan
dan kongruensi dengan menggunakan strategi
pembelajaran”CERDAS”
Penelitian
dilakukan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Peneltian
dilakukan dalam tiga siklus. Setiap siklus meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi.
Penelitian
dilakukan di SMP Negeri 22 Bandar
Lampung tahun pelajaran 2008-2009 kelas IX E. Jumlah siswa dalam kelas tersebut
terdiri atas 12 laki-laki dan 28 perempuan . \
Hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran “CERDAS” mampu meningkatkan prestasi belajar matematika siswa
khususnya materi kesebangunan dan kongruensi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar